Kamis, 11 Agustus 2011

Pondok Romadhon di SMP Negeri I Sidorejo

     Memenuhi Undangan dari SMP Negeri I Sidorejo Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan pada Hari Jumat tanggal 12 Agustus 2011 jam 08.00 WIB Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan yang dalam hal ini diwakili oleh Bidang Pelayanan Kesehatan memberikan materi kesehatan pada Acara : Pondok Romadhon Tahun 2011.
     Adapun materi yang diberikan adalah tentang : Hubungan Puasa dan Kesehatan, Bahaya dan Akibat Penyalahgunaan NAPZA dan Bahaya Sex Bebas bagi Remaja.
Hubungan Puasa dan Kesehatan 
     Dikemas dalam judul "Menguak Rahasia  Puasa". Dalam materi ini disampaikan dalil-dalil yang berkaitan dengan aktivitas puasa baik dari Al-Quran maupun Hadits. Disampaikan pula tentang kebutuhan tubuh terhadap makanan dan manfaat puasa bagi kesehatan yaitu a.l untuk menormalkan fungsi jantung, mengistirahatkan hati, membakar lemak di bawah kulit, memfungsikan cadangan protein, merangsang hormon, mengistirahatkan organ pencernaan, mengobati penyakit, menghilangkan endapan racun di dalam tubuh, menyehatkan fungsi ginjal, mencerdaskan otak, mengobati diabetes, mengurangi resiko stroke, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah berkembangnya sel kanker.
Bahaya dan Akibat Penyalahgunaan NAPZA 
     Dalam materi ini dijelaskan tentang definisi NAPZA, jenis-jenis NAPZA, efek penggunaan NAPZA, mengenal bahaya jenis-jenis NAPZA yang sering disalahgunakan yaitu : heroin, ganja, ectasy, sabu-sabu, dan zat adiktif. Disampaikan juga tentang pengaruh alkohol terhadap perilaku, tahapan penyalahgunaan NAPZA, penyebab penyalahgunaan NAPZA, ketergantungan NAPZA, gejala kelebihan dosis, gejala putus obat, dan konsekuensi hukum. Diakhir materi ini disampaikan hal-hal yang dapat menjauhkan remaja dari NAPZA yaitu : menciptakan kegiatan positif, menciptakan suasana yang hangat dan bersahabat di rumah, dan menciptakan lingkungan yang memberi harapan, bantuan dan dukungan bagi yang telah terlanjur menggunakan.
Bahaya Sex Babas bagi Remaja 
     Pada materi ini disampaikan tentang definisi sex, sex dan permasalahannya, mata rantai permasalahan sex, bahaya sex bebas bagi remaja (baik dari sisi fisik, perilaku dan kejiwaan, sosial-ekonomi, bahaya keagamaan dan akhirat) dan penanggulangan sex bebas (meningkatkan ilmu dan keimanan, memilih teman dan media komunikasi yang baik, memanfaatkan waktu luang, berpuasa sunah dan cara-cara medis). 

disampaikan oleh : Siti Anisah Sholihati,SKep,Ners,MMKes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar