Rabu, 10 Agustus 2011

Bimtek Penanganan Cidera Olahraga




Olahraga Kesehatan adalah olahraga untuk memelihara dan / atau untuk meningkatkan derajat kesehatan dinamis, sehingga orang bukan saja sehat dikala diam (sehat statis) tetapi juga sehat serta mempunyai kemampuan gerak yang dapat mendukung setiap aktivitas dalam peri kehidupannya sehari-hari (sehat dinamis) yang bersifat rutin, maupun untuk keperluan rekreasi dan / atau mengatasi keadaan gawat-darurat. Olahraga adalah kebutuhan bagi setiap individu yang ingin kondisi tubuhnya selalu sehat dan fit, banyak sekali olahraga yang bisa kita lakukan, baik jenis olahraga yang dapat dilakukan seperti : jalan, jogging, senam aerobik, bola voli, sepak bola, pencak silat, karate, tinju dan masih banyak yang lainnya. Tetapi apabila di dalam melakukan olahraga ini tidak dengan pemanasan atau di lakukan secara benar maka itu akan menjadikan potensial cidera bagi pelakunya. Cidera Olah Raga adalah cidera pada sistem otot dan rangka tubuh yang disebabkan oleh kegiatan olah raga.
Pengarahan dari Narasumber
     Berkenaan dengan upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat maka pada tahun 2011 Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan mengadakan bimbingan teknis untuk penanganan cidera olahraga dengan Tim Panitia berasal dari Bidang Pelayanan Kesehatan. Adapun Anggaran diperoleh dari APBD Kabupaten Magetan Tahun 2011.
     Bimbingan Teknis ini diikuti oleh 30 orang tenaga kesehatan terdiri dari Dokter Umum dan Perawat yang berasal dari Puskesmas di Kabupaten Magetan. Dilaksanakan di Ruang Husada II Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Jl. Imam Bonjol No.4 Magetan , pada Hari Senin, 13 Juni 2011 dengan Narasumber dari Sport Clinic RSUD dr.Soetomo Surabaya yakni : 
1.       Dr. Paulus Rahardjo, Sp.Rad-K      
2.       Dr. Dwikora Novembri U, Sp.OT-K  
3.       Dr. Damayanti Tinduh, Sp KFR    
Adapun Materi Pelatihan meliputi :
1.      Identifikasi Faktor Resiko Cidera Olahraga
2.      Pencitraan pada Cidera Olahraga
3.      Penanganan Cidera Olahraga

reported by : Dwi Hunun Pratiwi, Seksi Yankes Dasar, Khusus dan Rujukan  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar