Kamis, 11 Agustus 2011

Bimtek IKM Bidang Kesehatan


Tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik terutama bidang kesehatan semakin meningkat. Bentuk respon tuntutan tersebut adalah munculnya aspirasi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas.
Berkaitan dengan hal tersebut, untuk mengetahui kinerja pelayanan kesehatan sebagai bagian dari aparatur pemerintah kepada masyarakat perlu dilakukan penilaian atas pendapat masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas melalui penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).
Narasumber bersama Kadinkes dan Peserta Bimtek
Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (PROPENAS), salah satu kegiatan dalam upaya meningkatkan pelayanan publik adalah menyusun Indeks Kepuasan Masyarakat sebagai tolok ukur terhadap optimalisasi kinerja pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat. Amanat yang perlu dilakukan adalah melakukan kajian kualitas layanan publik untuk menghasilkan Indeks Kepuasan Masyarakat sebagai perwujudan Good Governance dalam bentuk akuntabilitas, transparansi, supremasi hukum serta menjawab kebutuhan masyarakat.
Berkaitan dengan hal tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan melalui Bidang Pelayanan Kesehatan melakukan Bimtek Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat. Adapun anggaran kegiatan bersumber dari Dana APBD Kabupaten Magetan Tahun 2011
Kegiatan ini dimaksud untuk : memberikan pemahaman kepada petugas kesehatan tentang IKM, unsur-unsur penilaian dalam IKM, langkah-langkah penyusunan IKM bidang kesehatan, dan penyusunan cheklist IKM untuk Puskesmas.
Peserta dalam kegiatan ini adalah 22 orang Kepala  Puskesmas dari 22 Puskesmas se-Kabupaten Magetan, dilaksanakan di Ruang Husada I dan II Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Jl. Imam Bonjol No.4 Magetan pada tanggal 22 Juni 2011.
Materi pelatihan meliputi :
1. Pengertian IKM 
2. Sasaran IKM
3. Ruang Lingkup IKM
4. Manfaat IKM
5. Unsur-Unsur Penilaian dalam IKM
6. Langkah-langkah Penyusunan IKM
Disampaikan oleh Narasumber dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga yaitu :
1. DR.drg. Setya Haksama, M.Kes
2. Ratna Dwi Wulandari, SKM, M.Kes 
Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tersusunnya cheklist IKM untuk mengukur kepuasan pelanggan di Puskesmas. Diharapkan dengan terukurnya kepuasan pelanggan melalui IKM, penyedia sarana kesehatan dalam hal ini Puskesmas mampu meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

reported by : Dwi Hunun Pratiwi, Seksi Yankesdas,Khusus dan Rujukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar