Kamis, 23 Februari 2012

BAGAIMANA PROSES VERIFIKASI DI PUSKESMAS ?

       Verifikasi atau yang seringkali disebut dengan "Krosscheck Data" di lakukan oleh Tim PKP Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan terhadap data PKP yang dibuat secara mandiri oleh Puskesmas. Tim PKP Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan yang dibentuk atas dasar Surat Keputusan Kadinkes Nomor : 6 Tahun 2012 ini terdiri dari sekitar 25 orang yang berasal dari semua bidang, program dan kesekretariatan.
       Adapun acara di Puskesmas meliputi :
  1. Presentasi profil Puskesmas, Visi-Misi, Motto dan Janji layanan Puskesmas. 
  2. Presentasi Rekap Cakupan Kegiatan, Mutu dan Manajemen Pelayanan
  3. Presentasi Prioritas Masalah, alternatif pemecahan masalah, RUK dan RPK
  4. Krosschek Lapangan , meliputi kesiapan petugas, kesiapan data dukung harian (register, Kohort dll) dan kesiapan pembuatan analisa kinerja, RUK dan RPK masing-masing program 
  5. Diskusi dan pembinaan
       Verifikasi yang dilaksanakan pada tanggal 15 Pebruari sampai dengan 22 Maret 2012 dan didukung oleh anggaran APBD  Pemkab Magetan Tahun 2012 ini secara maraton akan di mulai dari Puskesmas Panekan, dilanjutkan ke Puskesmas Sidokerto. Kemudian pada minggu berikutnya Puskesmas Poncol, Sumberagung, Parang dan Lembeyan. Minggu berikutnya Tim akan melakukan verifikasi di Puskesmas Tladan, Kawedanan, Gorang-Garen Taji, Takeran. Minggu berikutnya Puskesmas Plaosan, Candirejo, Bendo dan Maospati. Berikutnya Puskesmas Ngariboyo, Tebon, Rejomulyo dan Kartoharjo.Pada Minggu terakhir Tim akan berkunjung ke Puskesmas Karangrejo, Taji, Sukomoro dan Ngujung.


selesai verifikasi di Pusk.Lembeyan bersama drg. Leny
       Hari ini, tanggal 24 Pebruari 2012, Tim telah melakukan perjalanan ke 8 Puskesmas. Ada semangat dan harapan yang besar dari Tim PKP Dinkes Kab. dan Puskesmas untuk bersama melakukan perbaikan dalam rangka mewujudkan pembangunan kesehatan yang berkelanjutan.

reported by : Dwi Hunun Pratiwi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar